Rabu, 24 Maret 2010

YAPPARINDO Sebagai Tirani Masa Depan

oleh agung bintang

Di era Globalisasi sekarang ini, banyak terdapat sekolah yang siap mendidik para generasi muda untuk dapat lebih maju dan berkembang.
Salah satu sekolah yang siap mendidik para tunas muda salah satunya adalah SMKP Yapparindo. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah kejuruan berbasis tourism di kota Semarapura, Kabupaten Klungkung atau dengan kata lain bahwa sekolah ini lebih menitik beratkan pada pengembangan ketrampilan di bidang pariwisata.
Dunia pariwisata adalah dunia yang tidak akan pernah habis sepanjang garis kehidupan ini terus berlangsung khususnya di Bali. Untuk mampu berkembang dan bersaing di bidang pariwisata, kita semua harus mempunyai ketrampilan khusus demi tercapainya sumber daya kompeten di bidang tourism.
SMKP Yapparindo memiliki visi yakni Menjadi Lembaga Pendidikan yang Dapat Menghasilkan Tamatan Bermoral di Bidang Keahlian Pariwisata Sesuai dengan Pasar Kerja dan Dapat Berwiraswasta.
Berpegang pada visi tersebut, sekolah ini menerapkan sistem pembelajaran modern yang memusatkan keterpaduan antara teori dan praktek. Guna menghasilkan kualitas ketrampilan yang memiliki unsur-unsur kompetitif dan akseptabilitas tinggi bagi dunia kerja.
Sistem praktek di hotel diterapkan melalui program Competensies Based Learning (CBT) yang dilakukan dengan penempatan Job Training bagi para siswa di hotel maupun restoran yang memiliki standar high quality dan quantity.
Untuk mengukur seberapa efektifnya penyerapan yang diterima oleh siswa selama mendapatkan teori di sekolah dan juga praktek di hotel/restoran pihak sekolah menyelenggarakan ujian praktek kejuruan yang menekankan pada praktek front office dan house keeping.
Ujian praktek yang dilakukan ini di bagi menjadi 2 (dua) tahap. Tahap pertama, penguji ujian praktek tersebut adalah guru sekolah bidang keahlian terkait. Tahapan kedua, penguji atau accessor yang berasal dari pihak hotel.
Dengan berbagai penguasaan kompetensi dan tenaga profesional guru yang dimiliki, sekolah ini yakin mampu memberikan kompetisi mandiri bagi setiap tunas muda sehinggga memiliki life skill yang merupakan kebutuhan pokok dalam menunjang kehidupan dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar